Sabtu, 18 Desember 2010

MENINDAK LANJUTI MATA YG LELAH

Banyak variabel yang dapat menyebabkan sensasi rasa sakit, kering dan panas yang berlebihan di zona sekitar indera penglihatan. Tak dapat dipungkiri konsentrasi atau bisa di asumsikan usaha memfokuskan penglihatan dalam periode panjang, membuat otot-otot yang berpartisipasi menjadi menegang, mengeras dan kehilangan kelenturannya. Ini tidak hanya terjadi saat membaca saja, tapi juga saat menggunakan komputer, menonton tv, berkendara dalam perjalanan panjang. Mengantuk hanyalah sebagai respon dimana permasalahan tidak hanya berkisar di mata tetapi juga menggandrungi seluruh bagian tubuh terutama berkurangnya asupan oksigen di otak.


Kelanjutan dari pembahasan sebelumnya, akan kami coba kemukakan tidak hanya mengenai penanganannya berupa senam atau tindakan lainnya. Penanganan yang terbaik adalah bukan saja melakukan tindakan untuk mengurangi efek sesuatu tetapi juga bagaimana melakukan pencegahan yang berkesinambungan. Dengan harapan, tingkat kesadaran akan kesehatan menjadi titik acuan meski tanpa harus mengeluarkan biaya alias murah. Bayangkan dampaknya bilamana semua tidak dicegah dan ditangani secara dini. Tidak hanya materi dan benturan terbesar efek sosial yang diakibatkan oleh keadaan tersebut. Seperti nilai kehidupan anda menjadi berkurang dikarenakan kerja fungsi penglihatan anda harus dibantu dengan kacamata atau bahkan lebih parah lagi. Berikut ini adalah upaya pencegahan yang mungkin saja dapat dilakukan dengan bantuan banyak pihak atau bahkan bagian terkecil berupa keluarga, yakni :
1.Jagalah jarak baca anda pada kisaran 30-40 cm atau setengah lengan, tergantung postur tubuh anda.Pastikan pencahayaan pada saat membaca berasal dari bagian belakang atau samping. Besaran watt pada lampu pijar antara 60-100 watt. Atau mungkin dapat dilihat padanannya bila menggunakan lampu tabung atau neon yang biasa dapat dilihat pada kemasan lampu.
2.Sebaiknya tidak menonton televisi dalam keadaan ruangan yang gelap dan atau terlalu terang. Gunakan lampu penerangan yang kira-kira lebih redup dari pancaransinar yang dihasilkan oleh layar televisi.Cek pula apakah sumber cahaya menimbulkan pantulan yang berlebihan pada layar televisi atau tidak. Ini juga berlaku saat menggunakan komputer.Jarak amanyang disarankan adalah minimal 5x ukuran televisi. Contoh : Ukuran monitor televisi 20 inci ( = 50 cm ), bila dikalikan 5 maka jaraknya adalah 2,5m. Bagi pengguna komputer minimal jarak kerja adalah 50 cm.
3. Gunakanlah kacamata hitam pada siang hari untuk mengurangi intensitas cahaya yang tinggi saat berkendara. Berhentilah untuk beristirahat bilamana dirasakan kekurangnyamanan penglihatan sebelum musibah di jalan raya menjemput anda.
Beberapa upaya penanganan yang mungkin dapat dilakukan sebagai tindakan- tindakan pelengkap dan juga sebagai bantuan awal sebagai berikut:
1. Pijat area di sekitar mata
Tutup mata anda, dan lakukan pemijatan secara lembut dengan arah perputaran secara melingkar di daerah sekitar mata minimal selama 2 menit
2. Terapi air
Ambillah air hangat dan air dingin dalam tempat yang terpisah. lalu masukkan wash lap atau kapas pada kedua jenis air tersebut dimana 1 lap/kapas mewakili tiap jenis air. Peras dan taruh lap dari air hangat ke mata selama 30 detik, kemudian digantikan dengan lap air dingin selama 30 detik pula. Lakukan beberapa kali. Terapi jenis ini paling sering dilakukan oleh para olahragawan.
3. Rotasi
Arahakan mata dengan ke sebuah obyek lalu berputar searah jarum jam dan sebaliknya. Tiap-tiap putaran diselingi kedipan
4. Memutar kepala
Gerakan kepala anda dengan bentuk memutar secara perlahan dan gantilah arah perputarannya. tehnik ini tidak hanya berguna bagi mata, tetapi juga leher dan bahu.
5. Metoda 3 jari
Tutup mata dan kemudian taruh 3 jari pada kelopak mata yang tertutup. Tekan selama beberapa detik, buka dan lakukan kembali secukupnya.
Banyak sekali metode yang digunakan, hanya saja tidak begitu berbeda jauh dengan apa yang telah penulis sajikan. Semua metode ini akan jauh lebih berhasil bila diiringi dengan suplai nutrisi yang cukup dan mengurangi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan ataupun mengandung kolesterol jahat. Hidup sehat begitu mudah, namun lebih mudah bila jiwa kita lebih dulu sehat.


By. Kastam RO. 

3 komentar:

  1. klau sering menghadap layar komputer gimana ?
    kunjungi juga blog aku
    http://luwung.blogspot.com/
    http://hiangelmen.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. eueeey...., gelis pisan atu jang. Kunaon carana?

    BalasHapus